Latihan Soal Usbn Matematika Di Lengkapi Indikator Soal Sesuai Kisi - Kisi
POS USBN Tahun 2019 untuk jenjang SD yang di USBN kan masih 3 mapel menyerupai tahun sebelumnya. Soal sentra 25% dan 75% lagi dari dinas masing-masing dengan memanfaatkan Kelompok Kerja Guru (KKG).
Sebagai materi pembelajaran untuk menghadapi USBN tersebut saya membuatkan soal USBN untuk matematika yang sudah dilengkapi dengan indikator soal. Ini juga sanggup dijadikan rujukan oleh KKG pembuat soal untuk sanggup menghasilkan soal yang berkwalitas. Dalam pembuatan soal pilihan ganda harus pula memperhatikan kaidah penulisan soal
Hasil hitung dari 18 + 25 – (- 30 ) = ... .
A. 13
B. 43
C. 53
D. 73
2. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
Bu guru pada awalnya berdiri 8 langkah di depan tiang. Tetapi sebab ada sesuatu hal terpaksa mundur 11 langkah lagi dan kembali maju hingga berada pada 4 langkah di belakang tiang. Banyak langkah yang dilakukan bu guru dari jarak terakhir mundur yakni ... .
A. 12
B. 15
C. 19
D. 23
3. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana KPK
Bunga, Iwan, dan Susi les di tempat yang sama. Pada hari pertama mereka les bersama-sama. Namun pada hari-hari berikutnya Bunga les setiap 3 hari sekali, Iwan 4 hari sekali, dan Susi 5 hari sekali. Mereka akan tolong-menolong lagi les pada hari ke ... .
A. 60
B. 45
C. 20
D. 15
4. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga.
Hasil hitung dari 152 + 203 - akar pangkat tiga dari 175.616 = ... .
A. 225
B. 8.000
C. 8.169
D. 8.225
5. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga.
Sebuah kolam mandi berbentuk kubus diisi air oleh ayah. Baru terisi setengahnya air kran tersebut sudah berhenti mengalir. Jika air yang sudah terisi 19.652 cm3. Panjang sisi kolam mandi yang diisi ayah yakni ... .
A. 28 cm
B. 34 cm
C. 45 cm
D. 52 cm
6. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana pecahan
Urutan bagian berikut dari yang terkecil yakni ... .
A. 2/5; 1/3; 0,2; 15%
B. 2/5; 0,2; 15%; 1/3
C. 15%; 0,2; 1/3; 2/5
D. 15%; 2/5; 0,2; 1/3
7. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana pecahan
Ibu berbelanja di warung 12,5 kg gula merah, 3 ½ kg jahe dan 5 ¾ kg bawah merah. Sesampainya di rumah bibi meminta bawang merahnya ¼ kg. Banyak belanjaan ibu kini yakni ... kg.
A. 19,5
B. 19,75
C. 21,5
D. 21,75
8. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana operasi hitung bilangan cacah.
Hasil dari (85 – 16) + (45 : 9) x 10 = ... .
A. 119
B. 368
C. 569
D. 740
9. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan cacah.
Pak Komang menyimpan kain di gudang sebanyak 12 bendel. Pada setiap bendelnya ternyata berisi 35 lembar kain. Setelah diperiksa ada 100 lembar kain yang rusak. Banyak kain yang masih cantik yakni ... lembar.
A. 100
B. 200
C. 320
D. 420
10. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana perbandingan
Dalam 1 hari ibu Diah dan ibu Ayu sanggup menciptakan 40 kotak camilan manis bolu. Jika perbandingan yang dihasilkan yakni 3 : 5. Maka dalam 3 hari ibu Diah sanggup menciptakan ... kotak camilan manis bolu.
A. 15
B. 25
C. 45
D. 75
11. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan perbandingan.
Perbandingan harga baju merah dan baju putih 2 : 3. Sementara itu perbandingan harga baju putih dengan baju hitam 4 : 5. Jika jumlah harga baju merah dan putih Rp. 500.000,00. Jumlah harga baju hitam yakni ... .
A. Rp 500.000,00
B. Rp 375.000,00
C. Rp 300.000,00
D. Rp. 200.000,00
12. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana waktu, jarak, dan kecepatan.
Pak Wayan berangkat sekolah pukul 06.15 dengan mengendarai sepeda motor yang berkecepatan 50 km/jam. Jika jarak yang ditempuh 20 km, maka pak Wayan sudah hingga di sekolah pada pukul ... .
A. 06.39
B. 06.55
C. 06.65
D. 07.10
Komang mengendarai sepeda motor dari Dawan ke Banjarangkan dengan kecepatan 20 km/jam. Sedangkan Bintang mengendarai sepeda motor dari Banjarangkan ke Dawan dengan kecepatan 40 km/jam. Jarak Dawan dan Banjarangkan diketahui 8 km. Jika mereka berdua berangkat pada pukul 15.45 di jalur yang sama, maka nantinya akan berpapasan pada pukul ... .
A. 16.05
B. 16.00
C. 15.56
D. 15.53
14. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana satuan panjang.
Gek Diah pergi dengan bersepeda ke rumah temannya untuk menciptakan kiprah yang berjarak 0,35 hm. Kemudian ke lapangan puputan bersama temannya dengan jarak 480 dm. Selanjutnya sesudah itu ia pergi ke rumah bibinya yang berjarak 1,5 dam. Jarak yang ditempuh Gek Diah seleruhnya yakni ... meter.
A. 53
B. 54,8
C. 97,8
D. 98
15. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan satuan waktu.
Rini bekerja di toko selama 6 jam 45 menit 20 detik. Sedangkan Rina bekerja selama 8 jam 20 menit 38 detik. Selisih usang waktu bekerja antara Rini dan Rina yakni ... .
A. 1 jam 20 menit 08 detik
B. 1 jam 35 menit 18 detik
C. 2 jam 05 menit 58 detik
D. 2 jam 05 menit 58 detik
16. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan satuan berat.
Berat kendaraan beroda empat dan 2 penumpang yakni 5 ton. Berat mobilnya saja 49 kuintal. Jika satu penumpang beratnya 55 kg, berat penumpang yang lain yakni ... .
A. 100 kg
B. 50 kg
C. 45 kg
D. 40 kg
17. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana sifat-sifat berdiri datar.
Perhatikan sifat-sifat berdiri datar berikut !
a. Mempunyai dua pasang sisi sejajar.
b. Sudut yang berhadapan sama besar.
c. Kedua diagonalnya sama panjang dan saling berpotongan di tengah-tengah.
Bangun datar yang mempunyai sifat-sifat tersebut yakni ... .
A. jajargenjang
B. persegipanjang
C. belah ketupat
D. trapesium
18. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana keliling dan luas segi empat.
Perhatikan gambar di bawah ini !

Luas berdiri tersebut yakni ... .
A. 1.225 dm2
B. 2.450 dm2
C. 29.400 dm2
D. 58.800 dm2
19. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana keliling dan luas lingkaran
Perhatikan gambar di bawah ini !

Jika jari-jari lingkaran di atas 21 cm, luas tempat yang diarsir yakni ... cm2
A. 231
B. 462
C. 924
D. 1.386
20. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana luas permukaan balok.
Sebuah akuarium berbentuk balok mempunyai ukuran panjang 15 dm, lebar 12 dm, dan tinggi 10 dm. Luas sisi akuarium tersebut yakni ... .
A. 9 cm2
B. 18 cm2
C. 45 cm2
D. 90 cm2
Soal lengkapnya unduh disini
Kisi-kisi Soal USBN SD
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
31. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana sifat-sifat berdiri ruang
Setiap berdiri ruang mempunyai sifat-sifatnya masing-masing. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki berdiri ruang prisma tegak segitga!
32. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan keliling dan luas segi empat
Sebuah persegi panjang mempunyai luas yang sama dengan sebuah persegi, yaitu 64 cm2. Apabila panjang sisi persegi 2 kali lebar persegi panjang, berapakah keliling persegi panjang tersebut?
33. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan KPK
Kadek berlatih renang setiap 3 hari sekali, Udin berlatih renang setiap 4 hari sekali, dan Togar berlatih renang setiap 6 hari sekali.Pada tanggal 27 Pebruari 2018 mereka berlatih renang tolong-menolong untuk pertama kalinya. Tanggal berapakah mereka akan berlatih renang tolong-menolong untuk kedua kalinya?
34. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan FPB
Komang akan menciptakan bingkisan ulang tahun. Ia sudah membeli 40 buah cokelat, 60 bungkus roti keju, dan 120 permen. Ketiga jenis makanan tersebut akan dikemas ke dalam beberapa kantong plastik. Setiap kantong plastik berisi ketiga jenis makanan sama banyak. Berapa banyak bingkisan yang sanggup dibentuk Komang? Dan berapa banyak cokelat, roti keju, dan permen yang harus dimasukkan ke dalam setiap kantong plastik?
35. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan rata-rata hitung
Rata-rata tinggi tubuh balita pria pada Pos Yandu Tunas Bangsa 65 cm, dan rata-rata tinggi tubuh balita wanita 59 cm. Rata-rata tinggi tubuh seluruh balita 60 cm, dan banyak balita yang diukur 24 balita. Berapakah banyak balita pria dan balita wanita yang diukur di Posyandu Tunas Bangsa?
Kunci Jawaban Latihan Soal USBN SD
Berdasarkan
Sebagai materi pembelajaran untuk menghadapi USBN tersebut saya membuatkan soal USBN untuk matematika yang sudah dilengkapi dengan indikator soal. Ini juga sanggup dijadikan rujukan oleh KKG pembuat soal untuk sanggup menghasilkan soal yang berkwalitas. Dalam pembuatan soal pilihan ganda harus pula memperhatikan kaidah penulisan soal
Contoh soal latihan USBN Matematika lengkap dengan kisi-kisinya
1. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana operasi hitung bilangan bulat.Hasil hitung dari 18 + 25 – (- 30 ) = ... .
A. 13
B. 43
C. 53
D. 73
2. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat
Bu guru pada awalnya berdiri 8 langkah di depan tiang. Tetapi sebab ada sesuatu hal terpaksa mundur 11 langkah lagi dan kembali maju hingga berada pada 4 langkah di belakang tiang. Banyak langkah yang dilakukan bu guru dari jarak terakhir mundur yakni ... .
A. 12
B. 15
C. 19
D. 23
3. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana KPK
Bunga, Iwan, dan Susi les di tempat yang sama. Pada hari pertama mereka les bersama-sama. Namun pada hari-hari berikutnya Bunga les setiap 3 hari sekali, Iwan 4 hari sekali, dan Susi 5 hari sekali. Mereka akan tolong-menolong lagi les pada hari ke ... .
A. 60
B. 45
C. 20
D. 15
4. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga.
Hasil hitung dari 152 + 203 - akar pangkat tiga dari 175.616 = ... .
A. 225
B. 8.000
C. 8.169
D. 8.225
5. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga.
Sebuah kolam mandi berbentuk kubus diisi air oleh ayah. Baru terisi setengahnya air kran tersebut sudah berhenti mengalir. Jika air yang sudah terisi 19.652 cm3. Panjang sisi kolam mandi yang diisi ayah yakni ... .
A. 28 cm
B. 34 cm
C. 45 cm
D. 52 cm
6. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana pecahan
Urutan bagian berikut dari yang terkecil yakni ... .
A. 2/5; 1/3; 0,2; 15%
B. 2/5; 0,2; 15%; 1/3
C. 15%; 0,2; 1/3; 2/5
D. 15%; 2/5; 0,2; 1/3
7. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana pecahan
Ibu berbelanja di warung 12,5 kg gula merah, 3 ½ kg jahe dan 5 ¾ kg bawah merah. Sesampainya di rumah bibi meminta bawang merahnya ¼ kg. Banyak belanjaan ibu kini yakni ... kg.
A. 19,5
B. 19,75
C. 21,5
D. 21,75
8. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana operasi hitung bilangan cacah.
Hasil dari (85 – 16) + (45 : 9) x 10 = ... .
A. 119
B. 368
C. 569
D. 740
9. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan cacah.
Pak Komang menyimpan kain di gudang sebanyak 12 bendel. Pada setiap bendelnya ternyata berisi 35 lembar kain. Setelah diperiksa ada 100 lembar kain yang rusak. Banyak kain yang masih cantik yakni ... lembar.
A. 100
B. 200
C. 320
D. 420
10. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana perbandingan
Dalam 1 hari ibu Diah dan ibu Ayu sanggup menciptakan 40 kotak camilan manis bolu. Jika perbandingan yang dihasilkan yakni 3 : 5. Maka dalam 3 hari ibu Diah sanggup menciptakan ... kotak camilan manis bolu.
A. 15
B. 25
C. 45
D. 75
11. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan perbandingan.
Perbandingan harga baju merah dan baju putih 2 : 3. Sementara itu perbandingan harga baju putih dengan baju hitam 4 : 5. Jika jumlah harga baju merah dan putih Rp. 500.000,00. Jumlah harga baju hitam yakni ... .
A. Rp 500.000,00
B. Rp 375.000,00
C. Rp 300.000,00
D. Rp. 200.000,00
12. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana waktu, jarak, dan kecepatan.
Pak Wayan berangkat sekolah pukul 06.15 dengan mengendarai sepeda motor yang berkecepatan 50 km/jam. Jika jarak yang ditempuh 20 km, maka pak Wayan sudah hingga di sekolah pada pukul ... .
A. 06.39
B. 06.55
C. 06.65
D. 07.10
13. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.
Komang mengendarai sepeda motor dari Dawan ke Banjarangkan dengan kecepatan 20 km/jam. Sedangkan Bintang mengendarai sepeda motor dari Banjarangkan ke Dawan dengan kecepatan 40 km/jam. Jarak Dawan dan Banjarangkan diketahui 8 km. Jika mereka berdua berangkat pada pukul 15.45 di jalur yang sama, maka nantinya akan berpapasan pada pukul ... .
A. 16.05
B. 16.00
C. 15.56
D. 15.53
14. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana satuan panjang.
Gek Diah pergi dengan bersepeda ke rumah temannya untuk menciptakan kiprah yang berjarak 0,35 hm. Kemudian ke lapangan puputan bersama temannya dengan jarak 480 dm. Selanjutnya sesudah itu ia pergi ke rumah bibinya yang berjarak 1,5 dam. Jarak yang ditempuh Gek Diah seleruhnya yakni ... meter.
A. 53
B. 54,8
C. 97,8
D. 98
15. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan satuan waktu.
Rini bekerja di toko selama 6 jam 45 menit 20 detik. Sedangkan Rina bekerja selama 8 jam 20 menit 38 detik. Selisih usang waktu bekerja antara Rini dan Rina yakni ... .
A. 1 jam 20 menit 08 detik
B. 1 jam 35 menit 18 detik
C. 2 jam 05 menit 58 detik
D. 2 jam 05 menit 58 detik
16. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan satuan berat.
Berat kendaraan beroda empat dan 2 penumpang yakni 5 ton. Berat mobilnya saja 49 kuintal. Jika satu penumpang beratnya 55 kg, berat penumpang yang lain yakni ... .
A. 100 kg
B. 50 kg
C. 45 kg
D. 40 kg
17. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana sifat-sifat berdiri datar.
Perhatikan sifat-sifat berdiri datar berikut !
a. Mempunyai dua pasang sisi sejajar.
b. Sudut yang berhadapan sama besar.
c. Kedua diagonalnya sama panjang dan saling berpotongan di tengah-tengah.
Bangun datar yang mempunyai sifat-sifat tersebut yakni ... .
A. jajargenjang
B. persegipanjang
C. belah ketupat
D. trapesium
18. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana keliling dan luas segi empat.
Perhatikan gambar di bawah ini !

Luas berdiri tersebut yakni ... .
A. 1.225 dm2
B. 2.450 dm2
C. 29.400 dm2
D. 58.800 dm2
19. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana keliling dan luas lingkaran
Perhatikan gambar di bawah ini !

Jika jari-jari lingkaran di atas 21 cm, luas tempat yang diarsir yakni ... cm2
A. 231
B. 462
C. 924
D. 1.386
20. Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana luas permukaan balok.
Sebuah akuarium berbentuk balok mempunyai ukuran panjang 15 dm, lebar 12 dm, dan tinggi 10 dm. Luas sisi akuarium tersebut yakni ... .
A. 9 cm2
B. 18 cm2
C. 45 cm2
D. 90 cm2
Soal lengkapnya unduh disini
Kisi-kisi Soal USBN SD
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
31. Peserta didik sanggup mengenal dan memahami pengetahuan wacana sifat-sifat berdiri ruang
Setiap berdiri ruang mempunyai sifat-sifatnya masing-masing. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki berdiri ruang prisma tegak segitga!
32. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan keliling dan luas segi empat
Sebuah persegi panjang mempunyai luas yang sama dengan sebuah persegi, yaitu 64 cm2. Apabila panjang sisi persegi 2 kali lebar persegi panjang, berapakah keliling persegi panjang tersebut?
33. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan KPK
Kadek berlatih renang setiap 3 hari sekali, Udin berlatih renang setiap 4 hari sekali, dan Togar berlatih renang setiap 6 hari sekali.Pada tanggal 27 Pebruari 2018 mereka berlatih renang tolong-menolong untuk pertama kalinya. Tanggal berapakah mereka akan berlatih renang tolong-menolong untuk kedua kalinya?
34. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan FPB
Komang akan menciptakan bingkisan ulang tahun. Ia sudah membeli 40 buah cokelat, 60 bungkus roti keju, dan 120 permen. Ketiga jenis makanan tersebut akan dikemas ke dalam beberapa kantong plastik. Setiap kantong plastik berisi ketiga jenis makanan sama banyak. Berapa banyak bingkisan yang sanggup dibentuk Komang? Dan berapa banyak cokelat, roti keju, dan permen yang harus dimasukkan ke dalam setiap kantong plastik?
35. Peserta didik sanggup memakai nalar yang berkaitan dengan rata-rata hitung
Rata-rata tinggi tubuh balita pria pada Pos Yandu Tunas Bangsa 65 cm, dan rata-rata tinggi tubuh balita wanita 59 cm. Rata-rata tinggi tubuh seluruh balita 60 cm, dan banyak balita yang diukur 24 balita. Berapakah banyak balita pria dan balita wanita yang diukur di Posyandu Tunas Bangsa?
Kunci Jawaban Latihan Soal USBN SD
Posting Komentar untuk "Latihan Soal Usbn Matematika Di Lengkapi Indikator Soal Sesuai Kisi - Kisi"