Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memakai Fungsi Count, Counta Dan Countblank Di Excel

[.] com - Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering dipakai oleh pengguna Excel yaitu fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK, Seperti misalnya fungsi COUNTA yang sanggup dipakai untuk membuat rumus dinamis di Excel dan sebagainya.

Meski kelihatannya nama fungsinya hampir sama namun sesungguhnya ada banyak perbedaan dalam penerapannya.


Berikut klarifikasi selengkapnya terkena cara memakai rumus atau fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel.

Teknik Menggunakan Fungsi COUNT di Excel


Fungsi COUNT dipakai untuk mencari jumlah data numerik (angka) dalam daftar argumen atau sebuah range. Data berupa tanggal (date and time) juga dihitung sebagai data numerik alasannya yaitu yang diambil yaitu valuenya.

Penulisan Syntax rumus COUNT di Excel adalah:

=COUNT(Value1; [Value2]; ...)

Penjelasan:
Value1 : Merupakan nilai yang diharapkan pada item pertama, tumpuan sel atau range yang ingin di hitung nilainya.
Value2 : Merupakan nilai opsional yang sanggup di menambahkan sampai 255 item, tumpuan sel atau range yang ingin di hitung nilainya.

misal penerapan fungsi COUNT di Excel:

 Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering dipakai oleh pengguna Excel yaitu fungsi  Teknik Menggunakan Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel

Pada gambar di atas, dengan memakai rumus =COUNT(B3:B10) akhirnya yaitu 5 alasannya yaitu spesialuntuk ada 5 sel yang meliputi data numerik (sel B3, B4, B7, B8 dan B9).

Teknik Menggunakan Fungsi COUNTA di Excel


Fungsi rumus COUNTA dipakai untuk mencari jumlah seluruh data numerik, teks, dan lain-lain dalam dan daftar argumen atau sebuah range.

Penulisan Syntax rumus COUNTA di Excel adalah:

=COUNTA(Value1; [Value2]; ...)

Penjelasan:
Value1 : Merupakan nilai yang diharapkan pada item pertama, tumpuan sel atau range yang ingin di hitung nilainya.
Value2 : Merupakan nilai opsional yang sanggup di menambahkan sampai 255 item, tumpuan sel atau range yang ingin di hitung nilainya.

misal penerapan fungsi COUNTA di Excel:

 Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering dipakai oleh pengguna Excel yaitu fungsi  Teknik Menggunakan Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel

Pada gambar di atas, dengan memakai rumus =COUNTA(B3:B10) hasilnya adalah 6 karena spesialuntuk ada 6 sel yang meliputi data (sel B3B4B5B7B8 dan B9).

Teknik Menggunakan Fungsi COUNTBLANK di Excel


Fungsi COUNTBLANK dipakai untuk memilih banyaknya sel kosong yang terdapat dalam range yang sudah ditentukan.

Penulisan Syntax rumus COUNTBLANK di Excel adalah:

=COUNTBLANK(range)
Penjelasan:
range : ialah range data yang akan dihitung jumlah sel kosongnya.

misal penerapan fungsi COUNTBLANK di Excel:

 Beberapa fungsi atau rumus Excel yang sering dipakai oleh pengguna Excel yaitu fungsi  Teknik Menggunakan Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel

Pada gambar di atas, dengan memakai rumus =COUNTBLANK(B3:B10) hasilnya adalah 2 karena spesialuntuk ada 2 sel yang kosong (sel B6 dan B10).

Sekian Tutorial Teknik Menggunakan Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK di Excel, Selamat Mencoba dan Semiga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Cara Memakai Fungsi Count, Counta Dan Countblank Di Excel"