Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis-Jenis Iklan

INIRUMAHPINTAR - Jelaskan Pengertian, Ciri-Ciri, Syarat, Jenis-Jenis IKLAN? Pertanyaan itu seringkali muncul dalam bidang studi Bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, goresan pena kali ini bertujuan untuk memmenolong para pelajar, mahasiswa, Bapak/Ibu guru untuk memahami seputar iklan. 

Iklan bukanlah hal yang tidak pernah terdengar di indera pendengaran kita. Kita sering melihat, membaca, atau mendengarnya. Dan mungkin saja ada di antara kita yang pernah membuat iklan wacana sesuatu hal. Bukan spesialuntuk itu, Kadangkala kita juga mengikuti kegiatan/event atau membeli barang sebab terpengaruh oleh iklan yang kita lihat, dengar, atau tonton, entah itu di media cetak, di radio, di telivisi, atau di situs elektronik atau video online. 

Jadi, tidak sanggup dipungkiri bahwa iklan mempunyai imbas yang besar dalam kehidupan dan peradaban insan modern. Nah, semoga lebih memahami dan menguasai bahan wacana iklan, diberikut ini saya sajikan klarifikasi lengkap wacana pengertian, ciri-ciri bahasa, syarat, jenis, & membedakan fakta serta opini dalam iklan. Yuk kita baca dengan hati-hati!

Pengertian Iklan

Iklan sanggup diartikan sebagai pemdiberitahuan terkena barang atau jasa dengan tujuan untuk membujuk masyarakat banyak semoga mempunyai minat membeli barang atau mengunakan jasa yang ditawarkan.

Iklan juga sanggup didefinisikan sebagai acara memdiberitahukan/mempromosikan suatu produk, baik berupa barang maupun jasa melalui media massa semoga publik dapat  mengetahui dan membeli/menggunakan produk tersebut. 

Tujuan Iklan

  1. Memperkenalkan kepada calon konsumen wacana suatu produk, barang atau jasa. Umumnya, mengandung bahasa persuasif dengan menyertakan kelebihan atau keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Mempengaruhi calon konsumen untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.
Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis-Jenis IKLAN

Ciri-Ciri Iklan

Agar sanggup menarikdanunik perhatian khalayak, iklan mempunyai ciri-ciri bahasa sebagai diberikut:
  1. Pilihan kata (diksi) yang digunakan haruslah menarikdanunik, logis, tepat, dan sopan.
  2. Pilihan kata (diksi) yang digunakan wajib mengandung sugesti bagi masyarakat banyak.
  3. Pilihan kata (diksi)yang digunakan sebaiknya menonjolkan informasi/ide/keunggulan/keunikan produk atau jasa yang ditawarkan.
  4. Pilihan kata (diksi) yang digunakan mestilah merujuk ke samasukan yaitu produk atau jasa yang dimaksud


Syarat-Syarat Iklan

Agar sanggup dikatakan sebagai ikian yang baik, iklan mempunyai syarat-syarat sebagai diberikut:
  1. Objektif, proporsional dan jujur.
  2. Jelas, padat dan praktis dipahami.
  3. Tidak menyinggung, menyakiti, merendahkan pihak/produk lain
  4. Menarik perhatian/minat orang banyak.


Jenis-Jenis iklan

Iklan sanggup dibedakan menurut beberapa hal. Dalam pembelajaran ini, disajikan jenis iklan menurut media yang digunakan dan tujuan iklan. Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan sanggup digolongkan sebagai diberikut:

1. Iklan cetak

Iklan cetak yakni jenis iklan yang dipublikasikan memakai media cetak, menyerupai koran atau surat kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya. Berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah, dan tabloid, iklan dikenal dalam tiga bentuk, yaitu:

a. Iklan baris

klan baris yakni iklan yang spesialuntuk dibentuk dalam beberapa bars. Umumnya spesialuntuk terdiri atas 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom. Biayanya relatif murah dan dihitung per baris. Untuk menghemat biaya dan tiruana informasi sanggup tersampaikan, bahasa yang digunakan dalam iklan ini umumnya disingkat, penuh makna, dan sederhana. Hal yang diiklankan dalam iklan baris sanggup berupa barang, jasa, mencari jodoh, lowongan pekerjaan, dan sebagainya. 

b. Iklan kolom

Iklan kolom yakni iklan yang dibentuk dalam bentuk kolom. Iklan jenis mni lebih tinggi daripada iklan baris. Terkadang iklan ini juga dilengkapi dengan gambar, simbol, atau lambang untuk mendukung isi iklan. Hal yang diiklankan sanggup berupa barang, jasa, lowongan pekerjaan, dan sejenisnya. 

2. Iklan Advertorial

Iklan advertorial yakni jenis iklan yang dikemas menyerupai diberita. 

3. Iklan Display

Dilihat dari segi bentuk, iklan display lebih besar daripada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan goresan pena yang lebih besar. Berikut rujukan iklan display.

4. Iklan Elektronik

Iklan elektronik yakni jenis iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik sanggup digolongkan menjadi:

a. Iklan Radio

Iklan yang dipublikasikan melalui radio berupa kombinasi dari bunyi kata-kata (voice) dan imbas bunyi (sound effect). Iklan ini spesialuntuk sanggup didengar. 

b. Iklan Televisi 

Iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa kombinasi dan suara, gambar, dan gerak. Iklan nii sanggup dilihat dan didengar.

c. Iklan Internet

Iklan yang dipublikasikan melalui internet memili jenis bervariasi. Ada yang spesialuntuk sanggup dilihat dan ada pula yang sanggup dilihat dan didengar.

Selain dikategorikan berdasar jenis media yang digunakan, iklan juga sanggup dikategorikan menurut tujuannya. Berdasarkan tujuannya, iklan sanggup diklasifikasikan menjadi:

a. Iklan komersial

Iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang atau jasa. Iklan ini sanggup dikategorikan menjadi 2macam, yaitu iklan taktis & iklan strategis.

b. Iklan Taktis

Iklan ini mengandung kesan desakan terhadap konsumen semoga segera membeli. Biasanya disertai tenggak waktu terbatas dan diskon yang berdurasi pendek. 

c. Iklan Strategis

Iklan yang bertujuan membangun atau meng-upgrade merek dagang. Biasanya ditandai dengan promo besar-bemasukan. Berlaku untuk iklan untuk produk-produk gres atau produk usang yang sedang melaksanakan peningkatan layanan/kualitas. 

5. Iklan Perusahaan

Iklan perusahaan (corporate advertising) ialah iklan yang bertujuan untuk membangun gambaran perusahaan yang berujung pada membangun gambaran produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut semoga dibeli. misalnya, iklan sabun Lifebuoy yang menggiatkan gerakan basuh tangan dan memmenolong pembuatan kawasan basuh tangan di sekolah-sekolah. melaluiataubersamaini membeli sabun Lifebuoy, berarti ikut memmenolong pembangunan kawasan basuh tangan tersebut.

6. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat yakni iklan yang bertujuan untuk mempersembahkan pelayanan kepada masyarakat dengan mengajak atau mengimbau untuk tidak atau melaksanakan sesuatu. misal: iklan keluarga berencana, kemembersihkanan lingkungan, dan sebagainya.

Fakta dan Opini dalam Iklan

Jika dibaca secara cermat, dalam iklan terdapat fakta dan opini. Seperti yang sudah dibahas dalam penggalan sebelumnya, fakta yakni insiden yang benar-benar terjadi dan sanggup dibuktikan kebenarannya. rakta dalam iklan mencakup beberapa aspek identitas produk, kegunaan, komposisi, dan masukana penerapan. 

Selain mengandung fakta, iklan juga mengandung pendapat/opini. Opini yaitu pendapat sesorang terkena suatu hal yang kebenarannya belum diuji ilmiah atau dibuktikan. Umumnya, opini digunakan sebagai media untuk menarikdanunik minat pembeli. Walaupun demikian, dalam pembuatan iklan, pemasang Iklan (advertiser) tidak sepatutnya mempersembahkan opini dengan melebih-lebihkan produk (mengandung unsur kebohongan). Selain sanggup menipu konsumen, gambaran produk juga tidak akan bertahan usang di pasar. Jadi, bahasa yang digunakan mestilah persuasif dan proporsional.
***
Demikianlah klarifikasi lengkap perihal Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis-Jenis IKLAN. Semoga bermanfaa!

Posting Komentar untuk "Pengertian, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis-Jenis Iklan"