Cara Menggabungkan Tabel Di Excel Dengan Consolidate
[.] com - Fitur Consolidate yaitu fitur yang sanggup dipakai untuk menggabungkan data dari beberapa tabel data yang tidak sama dan sekaligus membuat ringkasan laporannya misal total jumlahnya, rata-rata dsb, baik tabel itu dalam satu sheet, tidak sama sheet, maupun tidak sama workbook.
Semisal Anda punya 3 Toko Komputer dan ingin mengetahui jumlah total stok barang dari ketiga toko tersebut, yang data rincian masing-masing toko tersebut berada di 3 sheet yang tidak sama.
Untuk melaksanakan konsolidasi pada ketiga data tersebut caranya adalah:
1 Misal hasil konsolidasi akan diletakkan di Sheet All, klik salah satu sel yang ada di sheet All misal pada sel B2.
2 Selanjutnya klik tab Data - Consolidate untuk menampilkan pengaturan Consolidate.
3 Pada bab Function pilih Sum atau fungsi lain yang Anda inginkan sesuai data Anda. Berpindah pada bab Reference, silahkan masukkan alamat tabel acuan yang ingin di konsolidasi, lalu klik Add, ulangi hingga tiruana data sudah di masukkan tiruana ke bab All References.
4 Pada bab Use labels in, ada sanggup mencentang hasil konsolidasi yang Anda inginkan:
Top Row artinya data pada baris paling atas akan ikut di tampilkan di hasil konsolidasi.
Left Column artinya data pada kolom sebelah kiri akan ikut di tampilkan di hasil konsolidasi.
Create link to source data sanggup di centang bila Anda ingin data hasil konsolidasi otomatis menyesuaikan perubahan data dari tabel referensi.
5 Terakhir klik OK dan hasil penggabungan datanya yaitu sebagai diberikut:
Karena pada bab Create link to source data tadi tidak di centang maka data yang dihasilkan dari konsolidasi tidak sanggup otomatis berubah bila data pada tabel acuan di ubah, bila ingin biar otomatis ikut berubah datanya, Anda sanggup memasukkan rumus excel menyerupai misalnya diberikut ini:
Pada Sheet All klik pada sel C3 dan lalu masukkan rumusexcel
Toko1 dan Toko3 yaitu nama sheetnya, jadi sesuaikan dengan nama sheet yang Anda gunakan.
Hasilnya bila pada sheet acuan ( Sheet Toko1, Toko2 dan Toko3) atau sumber data di ubah, maka otomatis data pada sheet All juga akan berubah menyesuaikan data referensinya.
Sekian tutorial perihal cara menggabungkan Tabel di Excel dengan Consolidate, Semoga Bermanfaat...
Semisal Anda punya 3 Toko Komputer dan ingin mengetahui jumlah total stok barang dari ketiga toko tersebut, yang data rincian masing-masing toko tersebut berada di 3 sheet yang tidak sama.
Untuk melaksanakan konsolidasi pada ketiga data tersebut caranya adalah:
1 Misal hasil konsolidasi akan diletakkan di Sheet All, klik salah satu sel yang ada di sheet All misal pada sel B2.
2 Selanjutnya klik tab Data - Consolidate untuk menampilkan pengaturan Consolidate.
3 Pada bab Function pilih Sum atau fungsi lain yang Anda inginkan sesuai data Anda. Berpindah pada bab Reference, silahkan masukkan alamat tabel acuan yang ingin di konsolidasi, lalu klik Add, ulangi hingga tiruana data sudah di masukkan tiruana ke bab All References.
4 Pada bab Use labels in, ada sanggup mencentang hasil konsolidasi yang Anda inginkan:
Top Row artinya data pada baris paling atas akan ikut di tampilkan di hasil konsolidasi.
Left Column artinya data pada kolom sebelah kiri akan ikut di tampilkan di hasil konsolidasi.
Create link to source data sanggup di centang bila Anda ingin data hasil konsolidasi otomatis menyesuaikan perubahan data dari tabel referensi.
5 Terakhir klik OK dan hasil penggabungan datanya yaitu sebagai diberikut:
Karena pada bab Create link to source data tadi tidak di centang maka data yang dihasilkan dari konsolidasi tidak sanggup otomatis berubah bila data pada tabel acuan di ubah, bila ingin biar otomatis ikut berubah datanya, Anda sanggup memasukkan rumus excel menyerupai misalnya diberikut ini:
Pada Sheet All klik pada sel C3 dan lalu masukkan rumusexcel
=SUM(Toko1:Toko3!C5)Keterangan:
Toko1 dan Toko3 yaitu nama sheetnya, jadi sesuaikan dengan nama sheet yang Anda gunakan.
Hasilnya bila pada sheet acuan ( Sheet Toko1, Toko2 dan Toko3) atau sumber data di ubah, maka otomatis data pada sheet All juga akan berubah menyesuaikan data referensinya.
Sekian tutorial perihal cara menggabungkan Tabel di Excel dengan Consolidate, Semoga Bermanfaat...
Posting Komentar untuk "Cara Menggabungkan Tabel Di Excel Dengan Consolidate"