Cara Memakai Fungsi Index Dan Match Di Excel
[.] com - Pada peluang kali ini kita akan mencar ilmu menggunakan rumus excel atau Fungsi INDEX dan MATCH di Excel. Fungsi ini sanggup kita gunakan sebagai alternatif pengganti fungsi VLOOKUP, sebab fungsi adonan INDEX dan MATCH ini lebih banyak fungsinya daripada VLOOKUP.
Jika rumus VLOOKUP spesialuntuk sanggup menampilkan data ke kanan, maka fungsi INDEX dan MACTH sanggup digunakan untuk mengambil data ke kanan dan ke kiri.
Sebelum melanjutkan penggabungan fungsi INDEX dan MATCH, alangkah baiknya kita pelajari lampau fungsi dasar dan syntax dari fungsi INDEX dan MACTH.
Fungsi atau Rumus INDEX di Microsoft Excel digunakan untuk mencari nilai rujukan pada sebuah sel dari dalam sebuah tabel atau range.
Fungsi INDEX sendiri mempunyai 2 bentuk fungsi:
Array : ialah sebuah rentang atau konstanta array.
row_num : menentukan baris dalam array yang ingin dikembalikan nilainya.
column_num : menentukan kolom dalam array yang ingin di kembalikan nilainya.
Agar lebih praktis memahami, silahkan perhatikan pola diberikut ini:
Penjelasan:
Pada sel E2 dimasukkan rumus =INDEX($B$2:$B$4;1) yang berfungsi untuk menampilkan data dari baris pertama dari range B2 hingga B4. balasannya yaitu 9.
Pada sel E3 dimasukkan rumus =INDEX($B$2:$B$4;2) yang berfungsi untuk menampilkan data dari baris kedua dari range B2 hingga B4. balasannya yaitu 5.
Pada sel E4 dimasukkan rumus =INDEX($B$2:$B$4;3) yang berfungsi untuk menampilkan data dari baris ketiga dari range B2 hingga B4. balasannya yaitu 12.
Jika data pada range B2 hingga B4 di ubah, maka otomatis data pada sel E2 hingga E4 juga akan ikut berubah menyesuaikan data pada range B2 hingga B4.
Penulisan syntax fungsi MATCH yaitu sebagai diberikut:
lookup_value : ialah nilai yang ingin dicocokkan dalam lookup_array.
lookup_array : ialah rentang sel yang di cari.
match_type : menentukan bagaimana Excel mencocokkan lookup_value dengan nilai di dalam lookup_array. Nilai defaulnya untuk argumen ini yaitu 1.
misal Penggunaan fungsi MATCH pada Excel:
Penjelasan:
Pada sel E2 dimasukkan rumus =MATCH(D2;$A$2:$A$4;0) yang tujuannya untuk menampilkan nomor baris dari range A2 hingga A4 berdasarkan data pada D2. Pada pola di atas dikala sel D2 di isikan MANGGA maka balasannya yaitu 3 sebab data buah MANGGA ada di baris ke-3, Jika pada D2 kita isi dengan nama buah APEL maka balasannya yaitu 1 sebab APEL ada di baris ke-1.
Bagaimana umpama pada D2 kita isikan SEMANGKA sedangkan nama buah SEMANGKA ini tidak ada dalam data tabel range A2 hingga A4, balasannya yaitu #N/A sebab rumus pada sel E2 pada potongan match_type-nya kita isi 0 maka jikalau data tidak di temukan akan tampil #N/A.
Sesudah kita mengetahui fungsi dasar dari INDEX dan MATCH, selanjutnya yaitu menggabungkan kedua fungsi tersebut, untuk menggabungkan fungsi INDEX + MATCH di Excel kita sanggup menggunakan syntax / penulisan rumus ibarat diberikut ini:
Penjelasan:
Pada sel E2 dimasukkan rumus penggabungan INDEX dan MATCH yaitu:
Sekian tutorial penerapan rumus excel INDEX dan MATCH.Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat...
Jika rumus VLOOKUP spesialuntuk sanggup menampilkan data ke kanan, maka fungsi INDEX dan MACTH sanggup digunakan untuk mengambil data ke kanan dan ke kiri.
Daftar isi
Sebelum melanjutkan penggabungan fungsi INDEX dan MATCH, alangkah baiknya kita pelajari lampau fungsi dasar dan syntax dari fungsi INDEX dan MACTH.
Teknik Menggunakan Fungsi INDEX di Excel
Fungsi atau Rumus INDEX di Microsoft Excel digunakan untuk mencari nilai rujukan pada sebuah sel dari dalam sebuah tabel atau range.
Fungsi INDEX sendiri mempunyai 2 bentuk fungsi:
- Array: mengembalikan nilai dari sel atau Array sel tertentu.
- Referensi : mengembalikan sebuah rujukan ke sel tertentu.
Namun yang sering digunakan yaitu yang pertama (Array) dan penulisan syntaxnya yaitu sebagai diberikut:
=INDEX ( Array; row_num; [column_num])Penjelasan:
Array : ialah sebuah rentang atau konstanta array.
row_num : menentukan baris dalam array yang ingin dikembalikan nilainya.
column_num : menentukan kolom dalam array yang ingin di kembalikan nilainya.
Agar lebih praktis memahami, silahkan perhatikan pola diberikut ini:
Pada sel E2 dimasukkan rumus =INDEX($B$2:$B$4;1) yang berfungsi untuk menampilkan data dari baris pertama dari range B2 hingga B4. balasannya yaitu 9.
Pada sel E3 dimasukkan rumus =INDEX($B$2:$B$4;2) yang berfungsi untuk menampilkan data dari baris kedua dari range B2 hingga B4. balasannya yaitu 5.
Pada sel E4 dimasukkan rumus =INDEX($B$2:$B$4;3) yang berfungsi untuk menampilkan data dari baris ketiga dari range B2 hingga B4. balasannya yaitu 12.
Jika data pada range B2 hingga B4 di ubah, maka otomatis data pada sel E2 hingga E4 juga akan ikut berubah menyesuaikan data pada range B2 hingga B4.
Teknik Menggunakan Fungsi MATCH di Excel
Fungsi MATCH digunakan untuk mencari item tertentu dalam rentang sel, lalu mengembalikan posisi relatif item tersebut dalam rentang, atau mencari posisi baris atau row dari data yang di cari.
Penulisan syntax fungsi MATCH yaitu sebagai diberikut:
=MATCH ( lookup_value; lookup_array; [match_type])Penjelasan:
lookup_value : ialah nilai yang ingin dicocokkan dalam lookup_array.
lookup_array : ialah rentang sel yang di cari.
match_type : menentukan bagaimana Excel mencocokkan lookup_value dengan nilai di dalam lookup_array. Nilai defaulnya untuk argumen ini yaitu 1.
misal Penggunaan fungsi MATCH pada Excel:
Pada sel E2 dimasukkan rumus =MATCH(D2;$A$2:$A$4;0) yang tujuannya untuk menampilkan nomor baris dari range A2 hingga A4 berdasarkan data pada D2. Pada pola di atas dikala sel D2 di isikan MANGGA maka balasannya yaitu 3 sebab data buah MANGGA ada di baris ke-3, Jika pada D2 kita isi dengan nama buah APEL maka balasannya yaitu 1 sebab APEL ada di baris ke-1.
Bagaimana umpama pada D2 kita isikan SEMANGKA sedangkan nama buah SEMANGKA ini tidak ada dalam data tabel range A2 hingga A4, balasannya yaitu #N/A sebab rumus pada sel E2 pada potongan match_type-nya kita isi 0 maka jikalau data tidak di temukan akan tampil #N/A.
Teknik Menggunakan Fungsi INDEX+MATCH di Excel
Sesudah kita mengetahui fungsi dasar dari INDEX dan MATCH, selanjutnya yaitu menggabungkan kedua fungsi tersebut, untuk menggabungkan fungsi INDEX + MATCH di Excel kita sanggup menggunakan syntax / penulisan rumus ibarat diberikut ini:
=INDEX (Array; MATCH ( lookup_value; lookup_array; [match_type]))misal penggabungan Fungsi INDEX dan MATCH di Excel:
Penjelasan:
Pada sel E2 dimasukkan rumus penggabungan INDEX dan MATCH yaitu:
=INDEX($B$2:$B$4;MATCH(D2;$A$2:$A$4;0))Hasilnya yaitu jikalau data pada sel D2 atau kolom Cari Buah kita isikan nama buah yang terdapat pada tabel buah di sebelah kiri, maka pada sel E2 akan di tampilkan hasil Jumlah dari buah yang di cari, pada pola di atas dikala D2 dimasukkan kata APEL maka balasannya yaitu 9 sebab pada tabel di sebelah kiri, nilai dari jumlah buah Apel yaitu 9, begitu pun jikalau di isi kata JERUK maka balasannya yaitu 5 dan sebagainya.
Sekian tutorial penerapan rumus excel INDEX dan MATCH.Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat...
Posting Komentar untuk "Cara Memakai Fungsi Index Dan Match Di Excel"