Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memakai 11 Fungsi Kebijaksanaan Di Excel

[.] com - Fungsi kebijaksanaan Excel sanggup dipakai untuk menampilkan hasil dari dua atau lebih kondisi yang sudah diputuskan menurut syarat nilai tertentu. Untuk memakai fungsi kebijaksanaan di Microsoft Excel kita sanggup memakai operator pembanding sebagai diberikut:

= Sama dengan ...
< Lebih kecil dari ...
> Lebih besar dari ...
<= Lebih kecil dari atau sama dengan ...
=> Lebih besar dari atau sama dengan ...

Pada aplikasi Microsoft Excel kurang lebih terdapat 11 rumus atau fungsi yang berafiliasi dengan fungsi kebijaksanaan yang nantinya akan kita pelajari cara penerapannya satu-persatu


Dan diberikut daftar fungsi Logika atau Logical Function di Microsoft Excel beserta versi yang di dukung, khusus untuk Microsoft Excel pada OS Windows:

NO NAMA FUNGSI Versi Microsoft Excel (OS Windows)
2016 2013 2010 2007
1 AND
2 FALSE
3 IF
4 IFERROR
5 IFNA
6 IFS
7 NOT
8 OR
9 SWITCH
10 TRUE
11 XOR

01. Fungsi / Rumus AND di Excel


Rumus / Fungsi AND di Excel akan menghasilkan TRUE jikalau tiruana argumen bernilai benar dan akan menghasilkan FALSE jikalau ada salah satu argumen bernilai salah.

Format penulisan rumusnya yaitu sebagai diberikut:

=AND (logical1; logical2; ...)
Penjelasan:
logical 1, logical 2 dst hingga terbaik logical 255 yaitu nilai yang ingin di uji, yang nantinya akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.

misal:

 Fungsi kebijaksanaan Excel sanggup dipakai untuk menampilkan hasil dari dua atau lebih kondisi y Teknik Menggunakan 11 Fungsi Logika di Excel
Keterangan:
Pada B2 dimasukkan rumus =AND(A2<A3;A3>A2) jadinya yaitu TRUE alasannya yaitu tiruana argumen bernilai benar yaitu A2 lebih kecil dari A3 atau angka 1 lebih kecil dari angka 3 dan A3 lebih besar dari A2 atau angka 3 lebih besar dari angka 1.

Pada B3 dimasukkan rumus =AND(A2<A3;A3<A2) jadinya yaitu FALSE karena ada salah satu argumen yang salah yaitu A3<A2  atau angka 3 lebih kecil dari angka 1.

Anda juga sanggup mempelajari ihwal fungsi AND di artikel Fungsi Rumus AND, OR dan NOT di Excel.

02. Fungsi / Rumus FALSE di Excel


Rumus / Fungsi FALSE di Excel berkhasiat untuk menampilkan nilai kebijaksanaan salah atau FALSE tanpa harus memasukkan argumen terlebih lampau ke dalam sel.

Format penulisan rumusnya yaitu sebagai diberikut:

=FALSE()

03. Fungsi / Rumus IF di Excel


Rumus / Fungsi IF di Excel berkhasiat untuk menampilkan hasil pengujian dari suatu kondisi, Jika jadinya memenuhi kriteria akan bernilai TRUE dan jikalau tidak memenuhi kriteria akan menampilkan nilai FALSE.

Format penulisan rumusnya yaitu sebagai diberikut:

=IF (logical_test, value_if_true, value_if_false)
Penjelasan:
logical_test adalah nilai yang di uji dengan memakai operator pembanding dan jadinya akan menampilkan nilai TRUE atau FALSE.
value_if_true adalah nilai yang akan ditampilkan jikalau logical_test bernilai TRUE.
value_if_false adalah nilai yang akan ditampilkan jika logical_test bernilai FALSE.

Untuk pola penerapan fungsi IF selengkapnya silahkan buka artikel Fungsi Logika IF di Microsoft Excel.

04. Fungsi / Rumus IFERROR di Excel


Rumus / Fungsi IFERROR di Excel dipakai untuk menangani kesalahan dalam suatu formula, ada banyak jenis kesalahan yang ditampilkan di Excel selengkpanya sanggup di lihat pada tabel diberikut ini:

ERROR KETERANGAN
###### Lebar Kolom tidak cukup dalam menampung data
#DIV/0! Rumus di bagi dengan nol (0) atau dengan sel kosong
#N/A Data tidak di temukan atau salah satu argumen tidak ditulis
#NAME? Kesalahan penulisan nama rumus / fungsi
#NULL! Terdapat perpotongan antara dua range yang tidak saling berpotongan
#NUM! Kesalahan dalam menuliskan angka dalam rumus atau fungsi
#REF! Sel Refensi tidak di temukan atau sudah dihapus
#VALUE! Kesalahan dalam penerapan argumen dalam menuliskan rumus

Bentuk Penulisan fungsinya adalah:

=IFERROR(value, value_if_error)
Penjelasan:
value yaitu argumen yang akan diperiksa nilai kesalahannya.
value_if_error yaitu nilai yang akan ditampilkan jikalau pada value terdapat kesalahan.

misal:

 Fungsi kebijaksanaan Excel sanggup dipakai untuk menampilkan hasil dari dua atau lebih kondisi y Teknik Menggunakan 11 Fungsi Logika di Excel
Keterangan:
Pada sel B1 dimasukkan rumus =IFERROR(A1;"Ups Salah...") yang berarti jikalau ada kesalahan akan tampil pesan Ups Salah.

05. Fungsi / Rumus IFNA di Excel


Rumus / Fungsi Excel IFNA berkhasiat untuk mencari ada tidaknya nilai kesalahan #N/A dari argumen yang sudah ditentukan sebelumnya, dan jikalau tidak ada nilai kesalahan maka akan di tampilkan nilai dari rumus yang digunakan.

Bentuk penulisan fungsinya yaitu sebagai diberikut:

=IFNA(value, value_if_na)
Penjelasan:
value yaitu argumen yang diperiksa apakah ada kesalahan #N/A atau tidak.
value_if_na yaitu nilai yang ditampilkan jikalau jika value terdapat kesalahan #N/A.

misal:

 Fungsi kebijaksanaan Excel sanggup dipakai untuk menampilkan hasil dari dua atau lebih kondisi y Teknik Menggunakan 11 Fungsi Logika di Excel
Keterangan:
Karena pada sel A1 ada kesalahan #N/A maka pada sel B1 jadinya yaitu Hasil Tidak ditemukan, alasannya yaitu pada sel B1 sudah dimasukkan rumus =IFNA(A1;"Hasil Tidak ditemukan").

Fungsi IFNA ini gres ada di Excel 2013 keatas, jadi jikalau Anda masih pake versi Excel 2010 ke bawah, Anda belum sanggup memakai fungsi ini, meski begitu kita tetap sanggup menangani kesalahan #N/A ini dengan fungsi yang lain. Selengkapnya silahkan buka artikel 3 Teknik Menghilangkan #N/A pada fungsi VLOOKUP Excel ini.

06. Fungsi / Rumus IFS di Excel


Rumus / Fungsi IFS Excel dipakai untuk mengusut apakah satu kondisi atau lebih terpenuhi kemudian mengembalikan nilai yang sesuai dengan kondisi TRUE pertama.

Fungsi IFS ini sanggup dipakai untuk mengganti beberapa pernyataan IF yang bertumpuk atau IF bercabang. Dan fungsi IFS ini gres ada di Excel 2016 atau pada Excel Online jadi jikalau Anda masih pakai Excel versi di bawahnya menyerupai 2013 ke bawah tidak akan sanggup memakai fungsi IFS ini.

Bentuk penulisan rumusnya adalah:

=IF(logical_test, value_if_true, ... )
Penjelasan:
logical_test adalah nilai yang di uji dengan memakai operator pembanding dan jadinya akan menampilkan nilai TRUE atau FALSE.
value_if_true adalah nilai yang akan ditampilkan jika logical_test bernilai TRUE.

Berbeda dengan fungsi IF yang ada value_if_false-nya, pada fungsi IFS tidak tersedia dan jikalau hasil logical_test-nya yaitu FALSE atau tidak ditemukan maka akan tampil hasil error #N/A.

misal konversi nilai menjadi angka dengan fungsi IF dan IFS:

 Fungsi kebijaksanaan Excel sanggup dipakai untuk menampilkan hasil dari dua atau lebih kondisi y Teknik Menggunakan 11 Fungsi Logika di Excel
Keterangan:
Pada sel B2 dimasukkan fungsi IF Bercabang:

=IF(A2>=80;"A";IF(A2>=66;"B";IF(A2>=56;"C";IF(A2>=46;"D";"E"))))
Pada sel B2 dimasukkan fungsi IFS:

=IFS(A2>=80;"A";A2>=66;"B";A2>=56;"C";A2>=46;"D";A2<46;"E")
Meski dengan rumus yang tidak sama, namun jadinya tetap sama.

07. Fungsi / Rumus NOT di Excel


Rumus / Fungsi NOT berfungsi untuk memastikan tidak adanya nilai yang sama dengan satu nilai tertentu dalam suatu argumen, atau mengubah nilai TRUE menjadi FALSE dan FALSE menjadi TRUE.

Bentuk Penulisan fungsinya adalah:

=NOT(logical)
Penjelasan:
logical yaitu nilai atau ekspresi yang sanggup di penilaian atau bernilai TRUE atau FALSE.

misal:

 Fungsi kebijaksanaan Excel sanggup dipakai untuk menampilkan hasil dari dua atau lebih kondisi y Teknik Menggunakan 11 Fungsi Logika di Excel
Keterangan:
Pada sel B2 jadinya yaitu FALSE, alasannya yaitu argumen A2 lebih kecil dari A3 yaitu benar.
Pada sel B3 jadinya yaitu TRUE, alasannya yaitu argumen A2 lebih besar dari A3 yaitu salah.

08. Fungsi / Rumus OR di Excel


Rumus / Fungsi OR di Excel berfungsi untuk mengembalikan nilai ke TRUE jikalau salah satu argumen bernilai TRUE dan akan menjadi FALSE jikalau tiruana argumen bernilai FALSE

Bentuk penulisan fungsinya sebagai diberikut:

=OR(logical1; logical2; ...)
Penjelasan:
logical1, logical2 dst yaitu suatu kondisi yang ingin di uji untuk mendapat nilai TRUE atau FALSE.

misal:

 Fungsi kebijaksanaan Excel sanggup dipakai untuk menampilkan hasil dari dua atau lebih kondisi y Teknik Menggunakan 11 Fungsi Logika di Excel
Keterangan:
Pada sel B2 jadinya yaitu TRUE alasannya yaitu ada salah satu argumen yang bernilai TRUE yaitu nilai A2 lebih kecil dari nilai A3.
Pada sel B3 jadinya yaitu FALSE alasannya yaitu tiruana argumen bernilai FALSE.

09. Fungsi / Rumus SWITCH di Excel


Rumus / Fungsi SWITCH di Excel berkhasiat untuk mengevaluasi satu nilai terhadap daftar nilai, dan mengembalikan hasil yang terkait dengan nilai cocok pertama. Jika tidak terdapat kecocokan, nilai default opsional mungkin dikembalikan.

Bentuk penulisan fungsinya adalah:

=SWITCH(expression;value1;result1;[default_or_value2];[result2]; ...)
Penjelasan:
expression yaitu nilai yang akan dibandingkan dengan value1 hingga terbaik value126.
value1 yaitu nilai yang akan dibandingkan terhadap ekspresi.
result1 yaitu hasil nilai yang ditampilkan jikalau argumen cocok dengan value1.
default yaitu nilai yang ditampilkan / dikembalikan jikalau tidak nilai ekspresi yang cocok atau sesuai.

misal:

 Fungsi kebijaksanaan Excel sanggup dipakai untuk menampilkan hasil dari dua atau lebih kondisi y Teknik Menggunakan 11 Fungsi Logika di Excel
Keterangan:
Jika pada sel A1 kita masukkan angka 1 maka pada sel B1 akan tampil teks satu, jikalau A1 di masukkan  nilai 2 maka pada B1 akan tampil dua, pun begitu jikalau A1 kita masukkan nilai 3 maka pada B1 akan tampil teks tiga, namun jikalau kita memasukkan angka 4 (selain angka 1, 2 dan 3) maka akan tampil teks Tidak di ketahui, alasannya yaitu angka 4 tersebut tidak di temukan dalam fungsi SWITCH di atas, sehingga yang tampil yaitu teks default-nya.

10. Fungsi / Rumus TRUE di Excel


Rumus / Fungsi TRUE di Excel berkhasiat untuk menampilkan nilai kebijaksanaan benar atau TRUE tanpa harus memasukkan argumen terlebih lampau ke dalam sel.

Format penulisan rumusnya yaitu sebagai diberikut:

=TRUE()

11. Fungsi / Rumus XOR di Excel


Rumus / fungsi XOR digunkan untuk mengembalikan kebijaksanaan Exclusive OR dari tiruana argumen dan akan menghasilkan nilai TRUE saat salah satu dari dua atau lebih array bernilai TRUE, dan menghasilkan nilai salah (FALSE) saat tiruana argumen yang dipakai bernilai TRUE atau FALSE.

=XOR (logical1; logical2; ...)
Penjelasan:
logical1, logical2, ... yaitu argumen yang akan dievaluasi kebenaran logikanya dalam array arau rujukan yang digunakan.

misal:

Keterangan:
Pada sel B2 jadinya yaitu FALSE alasannya yaitu kedua argumen benar tiruana atau bernilai TRUE tiruana.
Pada sel B3 jadinya yaitu TRUE alasannya yaitu ada salah satu argumen yang benilai TRUE.

Sekian tutorial cara memakai 11 Fungsi Logika di Excel, selamat mecoba dan mempelajari. Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Cara Memakai 11 Fungsi Kebijaksanaan Di Excel"