Struktur Teks Anekdot Dan Misalnya Wacana Pendidikan

Anekdot ialah dongeng pendek yang lucu dan menarikdanunik sanggup berupa dongeng fakta maupun fiksi. Teks guakdot juga banyak diambil dari kisah konkret sang penulis yang di sebar luaskan untuk mempersembahkan hiburan yang menarikdanunik kepada pembaca akan kisanya tersebut. Anekdot intinya dibentuk sebagai bacaan hiburan yang didalamnya terdapat teks yang lucu namun selain itu guakdot juga berusaha untuk mengungkapkan kenyataan dan kebenaran yang lebih umum dari kisah yang diceritakan.
Untuk mengenal guakdot lebih jauh lagi mari kita pelajari ihwal struktur guakdot di bawah ini.
Struktur Anekdot
Anekdot terdiri dari beberapa bab yang dipisahkan menurut fungsi dasar pada teks tersebut. Bagian-bagian tersebut antara lain:
1. Abstraksi
Abstraksi yaitu kalimat yang ialah citra umum dari dongeng yang ingin di ceritakan. Abstraksi terletak pada awal pembukaan paragraf. Penggunaan abstraksi bertujuan untuk mengantarkan pembaca masuk kedalam kisah tersebut.
2. Orientasi
Orientasi yaitu bab awal insiden atau insiden dari kisah tersebut ataupun juga latar belakang yang ada dibalik kisah tersebut.
3. Krisis
Krisis yaitu bab dalam teks guakdot yang menceritakan insiden dari insiden yang menarikdanunik ataupun yang dialami oleh penulis. Pada bab ini ialah bab awal yang lucu dalam kisah tersebut.
4. Reaksi
Reaksi menceritakan ihwal bagaimana tokoh yang terlibat konflik di dalam dongeng menanggapi insiden tersebut dan mencari jalan keluarnya.
5. Koda
Koda ialah bab simpulan dari teks guakdot yang di dalamnya terdapat kesimpulan dari kisah unik tersebut.
Ciri-Ciri Anekdot
Sebuah teks sanggup dikatakan sebagai teks guakdot apabila di dalamnya terdapat ciri-ciri dibawah ini.
- Teks guakdot menceritakan benda secara umum dan realistis.
- Teks guakdot bertujuan untuk mempersembahkan hiburan yang menarikdanunik kepada pembaca.
- Anekdot dibentuk serta mengajak pembaca semoga meyakini hal tersebut yaitu kisah nyata.
- Anekdot nyaris mirip dongeng.
Kaidah Anekdot
Anekdot juga mempunyai kaidah-kaidah yang harus diikuti semoga teks guakdot tersebut menjadi lebih menarikdanunik. Adapun kaidah-kaidah tersebut antara lain.
- Menggunakan pertanyaan retorik.
- Menggunakan kata keterangan waktu lampau.
- Menggunakan kalimat perintah.
- Urut menurut insiden waktu.
- Menggunakan penghubung.
- Menggunakan kata kerja.
misal Teks Anekdot ihwal Pendidikan
Adi dan Dewi yaitu pasangan suami istri yang sudah berkeluarga selama 7 tahun namun belum juga di diberikan keturunan. Namun mereka tetap sabar dan berdoa pada yang kuasa setiap hari dan setiap waktu. Sesudah umur ijab kabul mereka berjalan 8 tahun, Budi pun menanyakan kepada Dewi, "Dek Bagaimana kalau kita periksa ke dokter saja siapa tahu kita sanggup didiberi momongan?" tannya Adi. Dewi pun menjawaban, "Tak usah mas kita cukup pergi ke mbok sarni minta diurut perutku siapa tahu cepat ngisi". Adi merasa kesal alasannya yaitu mereka sudah pijat ke mbok sarni puluhan kali tetapi tidak ada hasil. Adi pun malas bertengkar kemudian ia kembali pergi keladang untuk mencar rumput pakan kambingnya. Malam harinya setelah Dewi terpulas, Adi membuka facebooknya yang tlah usang tak dibukanya. Pada awalnya biasa saja ia membuka foto-foto kenangannya bersama kawan-kawannya lampau. Namun ia mendapat abnormalitas ketika membuka fotonya dengan kawan-kawannya lampau di kampung. Dari kelima mitra yang bangun dengannya pada foto tersebut ada satu mitra yang tak ada kabar selama lebih dari 10 tahun namanya Andri yang ialah mitra yang sangat dekat Adi ketika masih kecil. Adi pun penamasukan nah kebetulan ada yang menuliskan nomor hp Andri di kolom komentar, ia pun lekas mengirim sms ke Andri dan menanyakan kabarnya. Namun apa dikata smsnya tak dibalas dan ketika ditelepon nomornya ternyata sudah tak aktif. Akhirnya kebijaksanaan pun menanyakan kepada Rizky salah satu mitra akrabnya dulu ihwal bagaimana kabar Andri, Rizky pun lewat telepon menandakan bahwa andri tlah menghilang selama lebih dari 9 tahun dan tak ada kabar diperkirakan andri sudah meninggal. Adi pun sangat kecewa dan merasa duka atas kabar tersebut. Namun setelah beberapa saat, Budi mencari berkas sekolahnya untuk melamar pekerjaan di lemari kamarnya dan ia pun menemukan dompet yang meliputi fotonya dan Andri. Tetapi siapa sangka itu yaitu dompet istrinya Dewi. Lantas alasannya yaitu Adi penamasukan ia pun menanyakan hal itu kepada Dewi. "Dek engkau sanggup foto ini dari mana?" tanya Adi. Dewi pun tak menjawabannya dan spesialuntuk membisu saja. Adi tambah penamasukan dan ia kembali bertanya "Dek, engkau sanggup foto ini dari mana?" dengan nada sedikit tinggi. Karena Dewi ketakutan dan ia pun hasilnya menjawaban. "Itu yaitu fotoku denganmu mas yang saya simpan sebagai kenangan". Adi kebingungan, "Apa maksudmu?" tanya Adi. "iya itu bergotong-royong emmmm saya emmhhh aku....... Aku yaitu andri mas, saya sudah mencintaimu ketika saya masih jadi pria semenjak kecil dulu pun saya sudah sangat menyayangimu" Jawab Dewi. "Jadi engkau Andri", tanya Adi dengan bentakan. Dewi menjawaban, "Iya saya Andri, saya operasi kelabuin demi menjadi kekasihmu mas dan berkeluarga denganmu". Adi pun merasa marah, geram dan kemudian ia pergi meninggalkan rumah itu dan tak pernah kembali lagi.
Nah itulah teman dekat artikel perihal Struktur Teks Anekdot dan contohnya ihwal Pendidikan semoga sanggup menjadi pemanis wawasan untuk teman dekat tiruana. Sampai jumpa dan semoga sukses.
Posting Komentar untuk "Struktur Teks Anekdot Dan Misalnya Wacana Pendidikan"